Cara Mematikan Permanen/Sementara Windows Defender di Windows 10

Baca Juga

Cara Mematikan / Sementara Windows Defender di Windows 10 | Windows Defender adalah software antivirus gratis yang Microsoft termasuk pada setiap instalasi Windows 10 (dan Windows 8.1). Perangkat lunak keamanan dimaksudkan untuk menawarkan garis pertahanan pertama untuk melindungi komputer Anda terhadap virus, rootkit, spyware, dan jenis-jenis kode berbahaya.

Antivirus berjalan secara otomatis di komputer Anda, tapi itu akan menonaktifkan dirinya sendiri secara otomatis ketika mendeteksi perangkat lunak keamanan lain yang diinstal pada perangkat Anda. Satu-satunya pengecualian adalah bahwa tidak seperti integrasi Windows Defender dengan Windows 8.1, Anda tidak dapat secara permanen menonaktifkan antivirus lagi.

Mungkin alasannya adalah jelas, Microsoft tidak ingin Anda menggunakan Windows 10 dengan nol perlindungan - yang itu adalah alasan yang baik.

Windows 10 menawarkan pilihan untuk menonaktifkan Windows Defender, tapi itu pilihan yang sementara ketika Anda mungkin mencari solusi yang lebih permanen.Pada Windows 10 panduan ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk secara permanen menonaktifkan Windows Defender dari perangkat Anda menggunakan Group Policy Editor dan Registry.

Cara menonaktifkan Windows Defender menggunakan Local Group Policy
Jika Anda menggunakan Windows 10 Pro atau varian perusahaan lainnya, seperti Windows 10 Enterprise atau Windows 10 Education, Anda dapat menggunakan Local Group Policy Editor untuk menonaktifkan Windows Defender dari komputer Anda secara permanen.

Step #1. Gunakan tombol Windows + Keyboard R untuk membuka perintah Run.
Step #2. Ketik gpedit.msc dan klik OK untuk membuka Local Group Policy Editor.
Step #3. Carilah Tabel Berikut: Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender
Step #4. Di sebelah kanan, klik dua kali Matikan Windows Defender.

Step #5. Pilih Enabled to Disable Windows Defender.
Step #6. Klik Apply
Step $7. Klik OK
Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda akan melihat Windows Defender ikon perisai akan terus berjalan di system tray. Untuk menghilangkan ikon, cukup restart komputer Anda.

Pada setiap saat, jika Anda ingin mengaktifkan kembali Windows Defender, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sama, tapi kali ini, pada langkah 5 pilih opsi Tidak dikonfigurasi. Kemudian restart komputer Anda untuk menyelesaikan pembatalan perubahan.

Cara menonaktifkan Windows Defender menggunakan Registry
Jika Anda menjalankan Windows 10 Home, Anda tidak akan memiliki akses ke Local Group Policy Editor, karena hanya tersedia untuk versi perusahaan dari sistem operasi. Namun, Anda dapat memodifikasi registry untuk mencapai hasil yang sama.

Penting: Sebelum mengikuti cara lebih dalam panduan ini, perlu dicatat bahwa mengedit registri bisa berbahaya, dan dapat menyebabkan kerusakan permanen sistem Anda jika Anda tidak melakukannya dengan benar. Ini sangat dianjurkan untuk membuat backup terlebih dahulu dari sistem Anda sebelum melanjutkan. 

1. Gunakan tombol Windows + Keyboard R untuk membuka perintah Run, ketik regedit, dan klik OK untuk membuka registri.
2. Cari Tabel Folder Berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender
3. Jika Anda tidak melihat DWORD DisableAntiSpyware, klik kanan pada ruang kosong, pilih New, dan klik DWORD (32-bit).
4. Nama Key DisableAntiSpyware
5. Klik dua kali tombol yang baru dibuat, dan menetapkan nilai dari 0 ke 1.
6. Restart komputer Anda untuk Complete Task.

Pada setiap saat, jika Anda ingin mengaktifkan kembali Windows Defender, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sama, tapi kali ini, mengubah nilai pada langkah 5 dari 1 ke 0. Kemudian restart komputer Anda untuk menyelesaikan pembatalan perubahan.

Cara menonaktifkan Windows Defender menggunakan Setting App
untuk menonaktifkan Windows Defender sementara; Anda dapat melakukan hal berikut.

1. buka Setting.
2. Klik Update & Security.
3. Klik pada Windows Defender.
4. Matikan toggle switch untuk Real-time protection.
Sementara Windows Defender tidak menentukan berapa lama Anda dapat menonaktifkan perlindungan real-time, "sementara" biasanya berarti sampai waktu berikutnya Anda reboot komputer Anda.

Demikianlah artikel mengenai Cara Mematikan Permanen/Sementara Windows Defender di Windows 10, jika artikel diatas bermanfaat silahkan share.
Disclaimer : Gambar dan video artikel pada website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami Disini

Berlangganan untuk mendapatkan artikel terbaru via email gratis

0 Response to "Cara Mematikan Permanen/Sementara Windows Defender di Windows 10"

Post a Comment